1/11/2010

3.5/5 stars -- Maryamah Karpov (Mimpi-Mimpi Lintang)

Category:Books
Genre: Other
Author:Andrea Hirata
Butuh keberanian lebih buat nge-review ni buku, secara gw bacanya telat banget (bener-bener kudu siap diledek Perli niih :D). Well, jujur ayam pake emping, ni buku baru gw khatam-in tadi pagi!! Hoyeee...tanggal 12 Januari 2010 pukul setengah 7 pagi, sebelum hajatan pagi! Ini buku juga udah cetekan ketiga.

Jujur aja, gw agak kecewa sama ni buku. Mo gw kasih empat bintang, sayang banget. GW BENCI ENDINGNYA!!!!! Super nggantung, gak jelas, gak greget, gak berkesan!! TITIK!!
Padahal dari paragraf satu udah charming banget. Mule Ikal kecil lagi, trus agak gede sampe gede banget (apanya sih????) trus petualangan-petualangannya. Buat gw, imajinasi Andrea Hirata di buku 4 ini bener-bener lepas. Gw enjoy banget bacanya.

Kisah-kisah fave gw, selain kemunculan Lintang (I LOVE this character dan kalo besok gw punya anak, mo gw namain LINTANG ..awas kalo tar suami gw protes!!) adalah pas adegan Lintang dan Ikal mengangkat bangkai kapal di Sungai Linggar dan pas adegan dokter gigi praktek pertama. Yang terakhir itu sukses bikin gw ngakak hebat pagi-pagi.

Adegan kemunculan Laskar Pelangi pas Ikal udah buntu pikiran untuk bikin perahu juga terlalu lebay, menurut gw. Kayak di pilem Hollywood. Sisanya tinggal Lintang dan Mahar mulu yang diceritain, temen-temen Laskar Pelangi yang lain kagak ada lanjutannya (endingnya A Liong juga beda..ini bikin gw lil bit kecewa).

Trus, gw pengen ngebahas judul. Sumpah! Entah otak gw yang kelewat bolot ato imbisil akut, gw gak ngerti hubungan Maryamah Karpov sama keseluruhan isi buku. Nama itu hanya bisa gw tarik satu hubungan : Tempat Warung Kopi ibu Maryamah, yang sering dijadiin orang-orang tempat adu catur dengan langkah ala Karpov (kayaknya pecatur Rusia gitu deh..).Sisanya... welhadalah.... gw gak nemu benang merahnya...

Intinya, ini buku yang sangat menarik.Hanya kelemahannya itu tadi. Entah karena Andrea Hirata diburu deadline ato enggak, ato kepengaruh kisah-kisah lain yang beliau baca pas bikin ni cerita, tapi ada beberapa gaya penceritaan Andrea Hirata yang beda sama 3 buku sebelumnya. Tapi, gw tetep suka buku ini dan nilai 3.5 menurut gw pantes lah...
 
16 CommentsChronological   Reverse   Threaded
langdonsama wrote on Jan 11, '10
hmmm...masa sih telat? aku malah belum baca buku awalnya hahaha....; alasannya (subjektif ya....) cerita spt ini bukan genre pilihan langdon qqq....dan filmnya ...ng.....ga suka (sorry buat fans2nya....just share an opinion ^^), tapi gw yakin better bukunya lah ya dari film nya ^^
darnia wrote on Jan 11, '10
tapi gw yakin better bukunya lah ya dari film nya ^^
hmm.. ada yang bilang gitu ada yang enggak.
kalo gw seneng dua-duanya, sensei :D
kalo buku 4 ini difilm-in.....widiiiiiiiiiiiiiwwwwwww...
Mira Lesmana sama Riri Riza bisa kolaborasi sama James Cameron dah kekekkekekkekekke
k4yren4 wrote on Jan 11, '10
Santai buk... Gw juga belum baca.. hahags.. blm muncul ketertarikan dari sanubari terdalam gua.. (apa sih).. ngahaaa... lanjutkan!!
darnia wrote on Jan 11, '10
k4yren4 said
blm muncul ketertarikan dari sanubari terdalam gua..
semoga segera mendapat hidayah :D
kekkekekkekkekek
phonay wrote on Jan 12, '10
darnia said
(bener-bener kudu siap diledek Perli niih :D)
bah.. pantes, tadi gw bersin2 ga jelas, ternyata lagi diiomongin hihihi
darnia wrote on Jan 12, '10
phonay said
ternyata lagi diiomongin hihihi
kekkekkekeke...

( untung gw gak diledek :D)
alexast wrote on Jan 14, '10
Gue ga tertarik bacanya. Takut ngantuk dan bukunya gue jadiin bantal... hihihi
darnia wrote on Jan 14, '10
alexast said
Takut ngantuk
ah, elu mah emang hobi molor, Lex ...

gak sejelek itu, tapi jauh dari harapan... hiks hiks..
k4yren4 wrote on Jan 14, '10
alexast said
Gue ga tertarik bacanya. Takut ngantuk dan bukunya gue jadiin bantal... hihihi
Diilerin gak lex?? haha
yupee wrote on Jan 17, '10
ahh... *males komen secara sambil menatap 4 buku twilight yang bahkan belom dibuka plastiknya*
darnia wrote on Jan 17, '10
yupee said
sambil menatap 4 buku twilight yang bahkan belom dibuka plastiknya
gak usah dibaca, say!
jual lagi ajah hehhehhehehhehehheheheh
k4yren4 wrote on Jan 17, '10
darnia said
gak usah dibaca, say!
jual lagi ajah hehhehhehehhehehheheheh
Di loakin aja
starlite2404 wrote on Feb 4, '10
Buku LP paling jelek!! Ih, aku nunggu ni buku setahun, langsung beli di hari pertama terbit, dan sampe skrg ga selesai kubaca. Terlalu banyak hal lebay ga penting.. Endingnya juga nggantung. Bintang 2 aja.
darnia wrote on Feb 4, '10
Terlalu banyak hal lebay ga penting..
manggut manggut...

eh,Nggi... katanya gak selesai baca, kok tau endingnya nggantung? :D
johaneskris wrote on Jan 11, '11
bukan yg ini yg plesetan... garing banget...
darnia wrote on Jan 12, '11
bukan yg ini yg plesetan... garing banget...
hehehhehee iyah...
gw tau, makanya gak baca :D

Tidak ada komentar: