2/01/2010

3.5/5 stars -- Robohnya Surau Kami

Category:Books
Genre: Literature & Fiction
Author:A.A Navis
Iyah..gw tau kalo gw telat banget baca buku satu ini. Tapi ini emang karya sastra Indonesia yang luar biasa. Wikipedia bilang ini masuk karya sosio-religi, tapi buat gw it's more than that. Gak tau kenapa, dari 10 cerita pendek yang dirangkum dalam 1 buku tersebut, ada beberapa cerita yang buat gw memorable banget.

Kayak kisah pertama, yang judulnya sama kayak judul anthologi ini.Tentang seorang kakek penjaga masjid yang depresi setelah mendengar kisah tentang orang beriman dari tukang cerita. Kemudian ada "Topi Helm", bagaimana sebuah hal kecil dapat menimbulkan dampak yang besar terhadap seseorang, tergantung dari sudut pandang mana orang melihatnya. Ada "Pada pembotakan terakhir" yang bercerita tentang induk semang yang kejam pada anak peliharaannya.Dan 7 judul yang laen.

Well, mungkin itu bukan hal yang baru bagi penikmat karya sastra Indonesia, tapi buat gw yang notabene masih awam, kisah-kisah A.A Navis tersebut menohok tepat di sasaran :D Tentang kondisi sekitar kita, yang pada kenyataannya memang seperti itu. Hal-hal kecil yang sering luput dari perhatian kita ternyata penting.Intinya, gw suka buku ini :D

"kamu tinggal di tanah Indonesia yang mahakaya raya,tapi, engkau biarkan dirimu melarat, hingga anak cucumu teraniyaya semua. Aku beri kau negeri yang kaya raya, tapi kau malas. Kau lebih suka beribadat saja, karena beribadat tidak mengeluarkan peluh, tidak membanting tulang." {Robohnya Surau Kami - A.A Navis}
 
12 CommentsChronological   Reverse   Threaded
alexast wrote on Feb 1, '10
Wahhhh ini bacaan gue waktu Sd! tapi udah lupaaa... hhihhi
darnia wrote on Feb 1, '10
alexast said
Wahhhh ini bacaan gue waktu Sd! tapi udah lupaaa... hhihhi
seth dah...SD
gw emang bener2 ketinggalan jaman :D
arddhe wrote on Feb 1, '10
udah lupaaa........jaman dahulu kala, keknya pas sd juga haha
darnia wrote on Feb 1, '10
arddhe said
udah lupaaa........jaman dahulu kala, keknya pas sd juga haha
dang! :D
elu malah bikin gw makin down to rocket town ajah!!
(lagian yang gw baca juga cetakan ke 15 :D)
vapourrain wrote on Feb 1, '10
bacaan jaman SD nih..
darnia wrote on Feb 1, '10
bacaan jaman SD nih..
jitaxxx pisaaaaaaaaaaann!!

bikin gw makin kunooo :D hahahhaha siyaalll...
imammahdi wrote on Feb 1, '10
walah, aku malah belum pernah baca
darnia wrote on Feb 1, '10
imammahdi said
walah, aku malah belum pernah baca
gak rugi lho...baca deeehhh!! :>
ta2surya wrote on Feb 1, '10
@ ardi: seriusan bacaan SD? Ko aku pas SMP yah..? Kamu beneran brondong ga si? Hohoho..

@ dani: saking lamanya ku dah lupa..dan waktu itu karna ku masih SMP, ga nangkep apa yang kamu tangkep.. Asal baca ajah.. Dan sekarang kalau liat buku ini di gramed slalu ga minat beli karna berpikir 'ah dah pernah baca..'. Tapi dengan review kamu ini, rasanya ku musti baca buku ini lagi.. Pinjem dunk.. ^^
darnia wrote on Feb 1, '10
ta2surya said
Pinjem dunk.. ^^
tukeraaaaaaaaaann!!! :>

-- tetep jeung Tata bikin down juga.. gw ketinggalan jaman oiii -- (baru nyadar habis hibernasi bareng beruang selama 26 taon)
piazakiyah wrote on Feb 1, '10, edited on Feb 1, '10
ReviewReviewReview
sering denger buku ini, tapi belum baca,,, hmm jadi tertarik,,,,

bagus , memotivasi, biar kita ga cuma beribadat aja, tapi seimbang sama usaha yang harus kita kerjain
(wuihhhhhhhh bijak bener dah aku tumben)
darnia wrote on Feb 1, '10
(wuihhhhhhhh bijak bener dah aku tumben)
lha? bukannya biasanya emang bijak ? ;)
 

Tidak ada komentar: